Sunday, September 30, 2012

Unknown

Pemilihan (Pernyataan Switch...case...) dan Program Menhitung Luas dan Keliling Bangun Datar

Pernyataan switch adalah pernyataan yang digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan, berdasarkan nilai dari sebuah
ungkapan dan nilai penyeleksian.
Pernyataan if…else if jamak dapat dibangun dengan pernyataan switch. 






Bentuk Umumnya :
switch (ekspresi)
{
   case  konstanta1 : 
pernyataan1 ; 
  break ;
     case  konstanta2 : 
pernyataan2 ;
break ;
   case  konstanta3 : 
pernyataan3 ;
break ;
      :
      :
   case konstantaN : 
pernyataanN ;
break ;
  default : 
pernyataanlain;
}




Hal – hal yang perlu diperhatikan adalah : 
  1. Dibelakang keyword case harus diikuti oleh sebuah konstanta,  tidak boleh diikuti oleh ekspresi ataupun variable. 
  2. Konstanta yang digunakan bertipe int atau char.
  3. Jika bentuknya seperti diatas maka apabila ekspresi sesuai dengan konstanta2 maka pernyataan2, pernyataan3 sampai dengan pernyataan lain dieksekusi. Untuk mencegah hal tersebut, gunakan keyword break;. Jika keyword break digunakan maka setelah pernyataan2 dieksekusi program langsung keluar dari pernyataan switch. Selain digunakan dalam switch, keyword break banyak digunakan untuk keluar dari pernyataan yang berulang ( looping )
  4. Pernyataan lain dieksekusi jika konstanta1 sampai konstantaN tidak ada yang memenuhi ekspresi.

Contoh 1 :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main(){
int nilai;
cout<<"Masukkan Nilai : ";
cin>>nilai;
switch(nilai/10)
    {
    case 10:
    case 9:
    case 8:
        cout<<"A"<<endl;break;
    case 7:
        cout<<"B"<<endl;break;
    case 6:
    case 5:
        cout<<"C"<<endl;break;
    case 4:
    case 3:
        cout<<"D"<<endl;break;
    case 2:
    case 1:
    case 0:
        cout<<"E"<<endl;break;
    default:
        cout<<"Salah, nilai diluar jangkauan"<<endl;
   }
   getch();
}

Output :
Masukkan Nilai : 100
A

Masukkan Nilai : 450
Salah, nilai diluar jangkuan

Keterangan : 100 dan 450 nilai dari inputan user.

Penjelasan : 
Jika memasukkan 100, nilai dari 100 (sebagai ekspresi dibagi 10 hasilnya 10), termasuk didalam case 10, sebaliknya jika memasukkan nilai 450 (sebagai ekspresi dibagi 10 hasilnya 45), didalam switchtidak ada case 45, jadi masuk ke default dan mengeluarkan pernyataan "Salah, nilai diluar jangkauan".


Contoh 2, Program Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar menggunakan Switch :
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#define phi 3.14

void main()
{
int pilih, pilih1, pilih2;
float s,lp;
float p,l,lpp;
float r,ll;
float a,t,ls;
float ab,at,tt,lt;
float aj,tj,lj;
float d1,d2,lbk;
float d1l,d2l,lly;

float ks,kh;
float kp,kl,kpp;
float kr,kln;
float s1,s2,s3,ks3;
float st1,st2,st3,st4,kt;
float sj1,sj2,kj;
float sbl,kbl;
float sl1,sl2,kll;
char garis[30]="=========================",jawab;
int i,j,k;

 for (i=1;i<=80;i++)
     {
        for (j=1;j<=10000;j++)
      {
           for (k=1;k<=10000;k++)
             {}
      }

      gotoxy(i,10);    cout<<"=";
        gotoxy(i,11);    cout<<"*";
        gotoxy(i,15);    cout<<"*";
        gotoxy(i,16);    cout<<"=";

      gotoxy(32,13); cout<<"loading "<<i*100/80<<"%";

   }

clrscr();
menu:
clrscr();
cout<<garis<<endl;
cout<<"|| Fellix Tara Edison  ||"<<endl;
cout<<"|| 11201170 / B11      ||"<<endl;
cout<<garis<<endl<<endl;


cout<<"Menu Utama"<<endl;
cout<<endl<<endl;

cout<<"1. Menghitung Luas Bangun Datar"<<endl;
cout<<"2. Menghitung Keliling Bangun Datar"<<endl;
cin>>pilih;
clrscr();


switch (pilih)
{
case 1:
goto LBD;break;
case 2:
goto KBD;break;
default:
cout<<"Input Salah !!!(Pilihan'e 1 & 2 thokkk !!!)";
goto menu;
}


LBD:
clrscr();
cout<<"1. Menghitung Luas Persegi"<<endl;
cout<<"2. Menghitung Luas Persegi Panjang"<<endl;
cout<<"3. Menghitung Luas Lingkaran"<<endl;
cout<<"4. Menghitung Luas Segitiga"<<endl;
cout<<"5. Menghitung Luas Trapesium"<<endl;
cout<<"6. Menghitung Luas Jajar Genjang"<<endl;
cout<<"7. Menghitung Luas Belah Ketupat"<<endl;
cout<<"8. Menghitung Luas Layang - Layang"<<endl;
cout<<"00. Kembali Ke Menu ";
cin>>pilih1;
clrscr();


    switch (pilih1)
    {
    case 1:
   {
   cout<<"Rumus : s x s"<<endl;
    cout<<"Sisi = ";
    cin>>s;
    lp=s*s;
    cout<<"Hasil = "<<lp;break;
   }
    case 2:
    {
   cout<<"Rumus : p x l"<<endl;
   cout<<"Masukkan Panjang = ";
    cin>>p;
    cout<<"Masukkan Lebar = ";
    cin>>l;
    lpp=p*l;
    cout<<"Hasil = "<<lpp;break;
    }
   case 3:
   {
   cout<<"Rumus : 3.14 x r x r"<<endl;
   cout<<"Masukkan Jari = ";
   cin>>r;
   ll=phi*r*r;
   cout<<"Hasil = "<<ll;break;
    }
   case 4:
   {
   cout<<"Rumus : 0.5 x a x t"<<endl;
   cout<<"Masukkan Alas = ";
   cin>>a;
   cout<<"Masukkan Tinggi = ";
   cin>>t;
   ls=0.5*a*t;
   cout<<"Hasil = "<<ls;break;
    }
   case 5:
   {
   cout<<"Rumus : 0.5 x (Sisi bawah + Sisi atas) x t"<<endl;
   cout<<"Masukkan Sisi Bawah = ";
   cin>>ab;
   cout<<"Masukkan Sisi Atas = ";
   cin>>at;
   cout<<"Masukkan Tinggi = ";
   cin>>tt;
   lt=0.5*(ab+at)*tt;
   cout<<"Hasil = "<<lt;break;
   }
    case 6:
   {
   cout<<"Rumus : a x t"<<endl;
   cout<<"Masukkan Alas = ";
   cin>>aj;
   cout<<"Masukkan Tinggi = ";
   cin>>tj;
   lj=aj*tj;
   cout<<"Hasil = "<<lj;break;
    }
   case 7:
   {
   cout<<"Rumus : Diagonal 1 x Diagonal / 2"<<endl;
   cout<<"Masukkan Diagonal 1 = ";
   cin>>d1;
   cout<<"Masukkan Diagonal 2 = ";
   cin>>d2;
   lbk=d1*d2/2;
   cout<<"Hasil = "<<lbk;break;
   }
    case 8:
   {
   cout<<"Rumus : Diagonal 1 x Diagonal / 2"<<endl;
   cout<<"Masukkan Diagonal 1 = ";
   cin>>d1l;
   cout<<"Masukkan Diagonal 2 = ";
   cin>>d2l;
   lly=d1l*d2l/2;
   cout<<"Hasil = "<<lly;break;
   }
    default:
    goto menu;
    }

cout<<endl<<endl;
cout<<"Apakah ingin mengulangi Menu Utama, Pilih Ulang, Keluar (M/P/K)???";
cin>>jawab;

switch(jawab)
{
case 'm':
case 'M':
    goto menu;break;
case 'p':
case 'P':
    goto LBD;break;
default:
goto end;
}


KBD:
clrscr();
cout<<"1. Menghitung Keliling Persegi"<<endl;
cout<<"2. Menghitung Keliling Persegi Panjang"<<endl;
cout<<"3. Menghitung Keliling Lingkaran"<<endl;
cout<<"4. Menghitung Keliling Segitiga"<<endl;
cout<<"5. Menghitung Keliling Trapesium"<<endl;
cout<<"6. Menghitung Keliling Jajar Genjang"<<endl;
cout<<"7. Menghitung Keliling Belah Ketupat"<<endl;
cout<<"8. Menghitung Keliling Layang - Layang"<<endl;
cout<<"00. Kembali Ke Menu ";
cin>>pilih2;
clrscr();


    switch (pilih2)
    {
    case 1:
   {
   cout<<"Rumus : 4 x s"<<endl;
   cout<<"Masukkan Sisi = ";
   cin>>ks;
   kh=4*ks;
   cout<<"Hasil = "<<kh;break;
   }
    case 2:
   {
   cout<<"Rumus : 2(p + l)"<<endl;
   cout<<"Masukkan Panjang = ";
   cin>>kp;
   cout<<"Masukkan Lebar = ";
   cin>>kl;
   kpp=2*(kp+kl);
   cout<<"Hasil = "<<kpp;break;
   }
    case 3:
   {
   cout<<"Rumus : 2 x 3.14 x r"<<endl;
   cout<<"Masukkan Jari-Jari = ";
   cin>>kr;
   kln=2*phi*kr;
   cout<<"Hasil = "<<kln;break;
   }
    case 4:
   {
   cout<<"Rumus : a + b + c"<<endl;
   cout<<"Masukkan Sisi 1 = ";
   cin>>s1;
   cout<<"Masukkan Sisi 2 = ";
   cin>>s2;
   cout<<"Masukkan Sisi 3 = ";
   cin>>s3;
   ks3=s1+s2+s3;
   cout<<"Hasil ="<<ks3;break;
   }
    case 5:
   {
   cout<<"Rumus : a + b + c + d"<<endl;
   cout<<"Masukkan Sisi 1 = ";
   cin>>st1;
   cout<<"Masukkan Sisi 2 = ";
   cin>>st2;
   cout<<"Masukkan Sisi 3 = ";
   cin>>st3;
   cout<<"Masukkan Sisi 4 = ";
   cin>>st4;
   kt=st1+st2+st3+st4;
   cout<<"Hasil = "<<kt;break;
   }
    case 6:
   {
   cout<<"Rumus : 2 (a + b)"<<endl;
   cout<<"Masukkan Sisi 1 = ";
   cin>>sj1;
   cout<<"Masukkan Sisi 2 = ";
   cin>>sj2;
    kj=2*(sj1+sj2);
   cout<<"Hasil = "<<kj;break;
   }
    case 7:
    {
   cout<<"Rumus : 4 x s"<<endl;
   cout<<"Masukkan Sisi = ";
   cin>>sbl;
   kbl=4*sbl;
   cout<<"Hasil = "<<kbl;break;
   }
   case 8:
    {
   cout<<"Rumus : 2 (a + b)"<<endl;
   cout<<"Masukkan Sisi 1 = ";
   cin>>sl1;
   cout<<"Masukkan Sisi 2 = ";
   cin>>sl2;
   kll=2*(sl1+sl2);
   cout<<"Hasil = "<<kll;break;
   }
   default:
    goto menu;
    }

cout<<endl<<endl;
cott<<"Apakah ingin mengulangi Menu Utama, Pilih Ulang, Keluar (M/P/K)???";
cin>>jawab;

switch(jawab)
{
case 'm':
case 'M':
    goto menu;break;
case 'p':
case 'P':
    goto KBD;break;
default:
goto end;
}

end:
}

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :