Friday, December 2, 2011

Unknown

Mengatasi Masalah tanpa Amarah

Masalah??? Dibenak kita jika mendengar itu, pasti tidak suka dan tidak mau punya masalah. Yah, siapa sih yang suka hidup tanpa masalah??? Pasti semua  orang menjawab "Saya"... hehe.. Tetapi, dihidup ini tidak ada yang namanya tanpa masalah. Pasti semua orang punya masalah. Baik masalah keluarga, kerjaan, sekolah, asmara (sering ini bagi pemuda - pemudi / abg jaman sekarang, hehe :D). Maka, kita semua harus mengatasi masalah tersebut. Masalah
merupakan cobaan (Ujian Hidup) dari Allah Swt, yang mana menguji umat-Nya agar bisa dapat hidup bahagia kelak.


Dalam surat Al Baqarah ayat 286, bahwa ” Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya.     Dan Allah cinta dan ridha kepada orang yang sabar. Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya sbb:    dan sabarlah sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS Al Anfal : 46)   Dan Firman-Nya :     “…Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS.Al Imran : 146) 

Ehmm, tapi manusia cenderung dalam menghadapi masalah tersebut dengan amarah. Mengapa??? Yah, ada beberapa sebab :


1.Karena sudah tidak mau berusaha lagi.
Orang yang seperti ini berbahaya, bisa - bisa ia tidak pikir panjang dan dapat mengakhiri hidupnya, karena ia putus asa dan tidak mau berusaha lagi.
2. Malas Berpikir.
Untuk mengatasi masalah kita harus berpikir jernih untuk mengatasinya. Beberapa orang malas berpikir dalam mengatasi masalah, dan memilih jalan pintas. Beberapa orang berprinsip "Jalan Pintas Dianggap Pantas". Benarkah??? Yah ada benarnya juga, tetapi jika jalan pintas tersebut dalam bentuk negatif, yah tidak ada benarnya, "salah tok wes" hehehe :D.
3. Sudah wataknya.
Beberapa orang mempunyai watak yang keras, dan dalam menghadapi masalah pasti dengan amarah. Itu tidak mengatasi, tapi malah memperbesar masalah. Jadi rubahlah sifat anda yang sedikit keras.

Lalu, bagaimana mengatasinya masalah tanpa amarah???
1. Berpikirlah Positif.
Jika anda menghadapi masalah, coba berpikir positif. Apabila anda dapat berpikir positif dalam menghadapinya, InsyaAllah masalah tersebut akan terselesaikan.
2. Introspeksi Diri.
Masalah, terkadang timbul karena kesalahan diri sendiri. Jadi, cobalah introspeksi diri, apa benar masalah tersebut karena aku??? Jika ia hadapilah dengan positif, jangan menjauhi, itu merugikan diri sendiri dan orang lain.
3. Bersabarlah, Tawakal.
Jika mempunyai masalah bersabarlah dalam menghadapinya. Pelan - pelan, sedikit - demi sedikit dalam menyelesaikan masalah tersebut. Semua masalah pasti akan terselesaikan.
4. Dan yang Terakhir Adalah Berdoalah.
Jika kalian berdoa, InsyaAllah masalah apapun kan terselesaikan. Tetapi, kita juga harus berusaha. Jika hanya berdoa tanpa usaha, yaaaahh sama aja. Berdoa dan Berusaha harus berjalan seimbang.

Ingatlah pada dasarnya, Allah Swt tidak akan memberikan masalah (cobaan) jika umat-Nya tidak dapat menyelesaikannya. Jadi, initinya masalah tersebut pasti dapat kalian atasi.

Dan semua masalah (cobaan) dari Allah Swt, semua dari perbuatan diri sendiri.

Sebaiknya kita merenungkan dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dan Allah menimpakan ujian atau musibah-musibah tersebut mungkin  disebabkan dosa-dosa kita . Sebagaimana firman Allah SWT :     “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (Asy Syuro : 30).

Jadi, hati - hatilah dalam menghadapi kehidupan ini.
Semoga Bermanfaat ^_^

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :